Walhi News
Mail Instagram Pinterest RSS
About Walhi

Lebong Butuh TNI untuk Amankan Kawasan

Bupati Lebong Drs H Dalhadi Umar BSc menegaskan pentingnya dukungan konkret TNI dalam upaya pengamanan kawasan (Taman Nasional Kerinci Seblat atau TNKS, Hutan Lindung dan Cagar Alam) di Kabupaten Lebong. Pasalnya, dengan kondisi dimana luas kawasan mencapi hampir 70 persen wilayah Lebong, jumlah personil yang ada masih sangat terbatas.
“Bayangkan, dengan luas TNKS mencapai ribuan hektar, jumlah petugas TNKS hanya dua orang. Belum lagi hutan lindung dan cagar alam. Karena itu, kehadiran TNI menjadi sangat penting. Sehingga kawasan bebas dari aksi pencurian kayu, perambahan hutan atau ilegal logging. Apalagi, Lebong merupakan salah satu kabupaten konservasi,” kata Dalhadi.

Saat ini wilayah Lebong sendiri masih bagian dari Kodim 0409 Rejang Lebong, terdiri dari 2 Koramil, yakni Lebong Utara dan Lebong Selatan. Oleh sebab itu, lanjut Dalhadi, jika TNI berencana membentuk Kodim Lebong, maka Pemkab siap mendukung.

“Kami akan mempersiapkan lokasi atau tanah untuk pembangunan markasnya,” kata Dalhadi dalam sambutannya usai pembukaan TMMD Raflesia 2008 di Desa Turan Lalang, Lebong Selatan oleh Danrem 041 Gamas Bengkulu Kolonel Infantri Tarwin, baru-baru ini.

0 komentar:

Posting Komentar