Walhi News
Mail Instagram Pinterest RSS
About Walhi

Tutup Galian C di Ilir Bendungan Manjunto!

V KOTO – Keberadaan galian C yang mengeruk batu sungai di Ilir Bendungan Manjunto Desa Lalang Luas Kecamatan V Koto, mulai meresahkan petani. Puncaknya, petani Desa Lalang Luas melayangkan surat kepada koordinator Walhi Kabupaten Mukomuko, Berlian. Petani mengeluhkan tingginya tingkat abrasi yang terjadi pasca adanya galian C di Hilir Bendungan Manjunto. Parahnya lagi, sudah beberapa hektar kebun masyarakat dan lahan persawahan warga setempat terjun ke sungai. Oleh karena itu, Barlain mendesak supaya Pemkab segera menutup lokasi galain C tersebut.
Berdasarkan hasil pantauannya, selaku insan pengurus Walhi di Kabupaten Mukomuko, galian C tersebut juga mengancam tembok bangunan bendungan. Jika galian C tidak ditutup, diyakini dalam tahun ini bendungan Manjunto akan menjadi kenangan. Ini terlihat dari tidak stabilnya tendangan air yang melintasi bendungan Air Majunto. Jika bendungan Air Manjunto jebol, diyakini semua areal persawahan mulai dari Kecamatan V Koto, Lubuk Pinang,Air Manjunto, XIV Koto dan Kota Mukomuko akan tenggelam.
‘’Kalau pintu air yang ada di bendungan tidak bisa berfungsi lagi, jelas tendangan air akan merusak daerah kita. Sempat saja bendungan itu ambrol, maka banjir besar akan melanda Mukomuko. Apakah Pemkab ingin menerima resiko itu, ketimbang menutup galian C? Itu semua terserah Pemkab Mukomuko. Yang saya sesalkan, sebelum mengeluarkan izin kok tidak dilakukan analisa gangguan terlebih dahulu?”protes Barlian (civ)
Sumber: HArian rakyat Bengkulu Jumat 24 Juli 2009

0 komentar:

Posting Komentar