Walhi News
Mail Instagram Pinterest RSS
About Walhi

Koordinator HAM Untuk Rakyat Regional Sumatera Diancam Bunuh

Upaya PT.Famiaterdio Nagara untuk terus melancarkan Kegiatan eksploitasinya di Desa Rawa Indah, Desa Penago Baru, Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma, Propinsi Bengkulu tampaknya tak kunjung henti. Padahal telah tertuang kesepakatan antara masyarakat, Pemda dan PT. Famia, untuk tidak meneruskan aktivitasnya sampai ada kesepakatan baru antara masyarakat, dan PT Famia. Tidak tanggung-tanggung upaya yang dilakukan Famia telah mengarah kepada tindakan criminal, dengan ancaman pembunuhan yang ditujukan kepada Pak Jaya salah seorang tokoh masyarakat dan juga menjabat sebagai coordinator HAM regional Sumatera untuk Rakyat.
Dari informasi yang WALHI Bengkulu dapat, Tanggal 13 Agustus 2009 Pihak Investor dari Canada mendatangi lokasi pertambangan dengan didampingi aparat kepolisian POLDA Bengkulu. Tokoh masyarakat rawa indah (Jaya) yang menentang pertambangan di wilayah mereka bersama warga Penago baru dan Rawa Indah lainnya bermaksud menanyakan maksud kedatangan investor tersebut dan ingin bertemu langsung dengan investor. Dua orang pihak PT.Famiaterdio Nagara (Suyar dan Een) mengancam melakukan pengancaman terhadap jaya dan melakukan tindakan percobaan pembunuhan.
hingga tulisan ini diturunkan ke beberapa milis jaringan, belum didapat secara resmi informasi dari Pak Jaya karena kondisi tempat tinggal Pak Jaya tidak memiliki signal telepon seluler. Sampai dengan saat ini beberapa anggota Walhi Bengkulu, telah berangkat ke lokasi tempat tinggal Pak Jaya. Informasinya juga Pak Jaya akan melaporkan kasus pencobaan pembunuhan ini ke Polres Seluma**

0 komentar:

Posting Komentar