Walhi News
Mail Instagram Pinterest RSS
About Walhi

Soal PT SBA, Pemkab Tak Tegas

Kamis, 14 Januari 2010 09:15:15
BINTUHAN BE – Berlarut-larutnya persoalan aktivitas pertambangan pasir besi PT Silomoro Banyu Arto (SBA), akibat ketidaktegasan dari Pemkab Kaur. Demikian pandangan mantan Ketua Presidium Pemekaran Kabupaten Kaur, H Syamhardi Saleh, yang prihatin dengan kondisi daerahnya saat ini.
Menurutnya perlu dikaji ulang atau dirunut kembali proses perizinan dan aktivitas tambang tersebut. Tentunya, agar tidak subjektif dengan membicarakannya bersama antara pemkab, masyarakat dengan perusahaan itu sendiri.

“Harus ada ketegasan dari pemkab! Jika tidak, kondisinya akan semakin berlarut-larut. Bicarakan bersama masalahnya untuk mencari jalan keluar,” ucap adik Alm Syaukani Saleh, Bupati Kaur pertama.
Usulan masyarakat menutup aktvitas PT SBA, kata dia, bukan sebuah solusi yang baik. Sebab, efeknya akan membuat jera para investor yang menanamkan modalnya ke Kaur.

Pencabutan izin tersebut bukanlah mudah harus dilihat dahulu aturan yang ada. Jika terjadi pencabutan, maka jelas akan merusak iklim investasi,” analisanya.
Solusinya, dengan meninjau ulang baik tanah yang dibebaskan, prosedur dalam penambangan dan tata ruang lokasi tambang.

Selain perlu sosialisasi yang intensif kepada warga perihal investasi tersebut.”Bisa jadi banyak warga yang tidak mengetahui apa saja efek positif kehadiran perusahaan itu (SBA,red),” cetusnya.

Mengenai adanya kelompok masyarakat yang tidak setuju akan keberadaan PT SBA, menurutnya bisa dijadikan fungsi kontrol yang baik. Hanya saja, ketidaksetujuan disampaikan dengan cara-cara yang baik dan benar. Jangan sampai terprovokasi dan melakukan tindakan yang anarkis.

“Menyampaikan aspirasi itu adalah hal yang wajar. Asal jangan sampai melakukan pengerusakan saja,” imbuhnya.(823)

0 komentar:

Posting Komentar