Walhi News
Mail Instagram Pinterest RSS
About Walhi

Seribu Rupiah Untuk Pendidikan Anak-Anak Korban Lumpur Lapindo

29 Mei, 4 tahun yang lalu menyembur lumpur panas dari sumur pengeboran minyak dan gas Banjar Panji-1 milik PT. Lapindo Brantas Inc. Selama 4 tahun itu pula penanganan kasus lumpur Lapindo terbatas hanya menangani masalah lumpur dan sosial berupa jual beli/ganti rugi serta jaminan hidup (jadup) warga di pengungsian.

Yang lebih ironis adalah masa depan anak-anak korban Lapindo itu sendiri. Masa depan mereka menjadi tidak jelas. Keceriaan dan masa depan mereka turut ditenggelamkan oleh lumpur Lapindo. Selain rumah dan lingkungannya, sekolah-sekolah mereka hanya tinggal kenangan. Parahnya lagi, kondisi orang tuanya yang kehilangan tempat mencari nafkah memperburuk nasib masa depan mereka.

Sebagai korban, mereka tidak diperhatikan dan pemerintah maupun lapindo hanya mengurus ganti rugi/jual beli dan tanggul yang tak kunjung juga selesai. Untuk melanjutkan sekolah saja, mereka kesulitan biaya. Setidaknya ada 103 anak-anak yang duduk dibangku SD, SMP dan SMU/STM pada tahun ajaran baru nanti, 2010/2011, belum pasti apakah mereka masih dapat menikmati bangku sekolah kembali.

Ke-103 anak-anak korban lapindo sebagian besar masih duduk dibangku SD. Pada tahun ajaran baru nanti, setidaknya mereka membutuhkan Rp.43.644.500 untuk membayar SPP, Buku, Seragam, Ujian dan Biaya bangunan/gedung sekolah.

Untuk itu, agar anak-anak korban lapindo tidak menjadi bagian dari generasi suram, Koalisi Gerakan Menuntut Keadilan Korban Lumpur Lapindo, mengajak solidaritas seluruh elemen masyarakat baik secara lembaga maupun individu menjadi bagian “Anti Generasi Suram”.

Sumbangan dapat langsung dimasukkan ke kotak-kotak donasi yang kami sediakan dibeberapa tempat, Kami pun dapat menjemput ke tempat-tempat anda. Juga bisa langsung dikirimkan ke Rekening Bank CIMB Niaga Mampang Jakarta - No. 9030101046008 atas nama Perkumpulan Jaringan Advokasi Tambang.

Dukungan dan sumbangan anda akan dikelola Posko Keselamatan Korban Lapindo dan didiserahkan ke sekolah-sekolah dimana anak-anak korban lumpur Lapindo, menimba ilmu.

Informasi lengkap:
Posko Keselamatan Korban Lumpur Lapindo
Jl. Kusuma Bangsa No 36
Desa Gedang Porong Sidoarjo 61274
Telp./Faks 0343-851823
Website: www.korbanlumpur.info
Email: posko.kklula@gmail.com
Kontak: B Catur Nusantara (0813 3660 7872) dan Slamet Daryono (0815 8419 7713)

Laporan perkembangan dan distribusi dukungan akan disampaikan terbuka melalui website www.korbanlumpur.info dan www.jatam.org dan akan dilakukan audit secara transparan.

0 komentar:

Posting Komentar