Walhi News
Mail Instagram Pinterest RSS
About Walhi

Menteri LH: Sungai Sebagai Sumber Air Minum Harus Diselamatkan
Nasional / Minggu, 18 September 2011 19:40 WIB


Metrotvnews.com, Bengkulu: Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta mengatakan air sungai di Bengkulu sebagai sumber air baku Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Darma Kota Bengkulu harus diselamatkan dari ancaman pencemaran lingkungan.

"Karena 30 persen kebutuhan sumber air baku PDAM berasal dari air sungai ini, maka penyelamatan air sungai Bengkulu dari berbagai sumber pencemaran harus segera dilakukan," katanya di Bengkulu,

Menggunakan kapal boat dan perahu karet, rombongan Menteri Lingkungan Hidup menelusuri sungai dimulai dari muara sungai hingga ke lokasi intake PDAM di Kelurahan Surabaya.

"Memang potensi penyumbang pencemaran cukup banyak, seperti limbah batu bara, limbah pabrik karet dan limbah rumah tangga, nanti akan dibenahi satu-per satu," tambahnya.

Ia mengatakan, jika pencemaran tersebut terbukti akibat aktivitas tambang batu bara, maka akan diambil tindakan sesuai hukum. Pencemaran lingkungan oleh perusahaan batu bara di Pulau Kalimantan telah ditindak dengan menutup 13 perusahaan batu bara.

"Bahkan ada sejumlah kabupaten yang dicabut lisensinya dalam penerbitan Amdal dan diserahkan ke provinsi," katanya.

Ia mengatakan, perusahaan batu bara yang beraktivitas di hulu sungai akan dipantau dan diberikan peringatan untuk memperbaiki sistim pengelolaan limbahnya.

Terkait pengambilan batu bara di sepanjang sungai oleh ratusan warga menurut Menteri, justru membantu mengatasi pencemaran dan pendangkalan sungai akibat timbunan limbah batu bara tersebut.

"Dengan kondisi sekarang, pengelolaan air sungai untuk air minum menimbulkan biaya tinggi karena tingkat kekeruhan sangat parah," katanya.

Ia mengatakan, selain pembuangan limbah batu bara ke sungai, pembukaan lahan di hulu sungai juga mengakibatkan erosi dan memperparah pencemaran sungai. Padahal, sekitar 6.000 pelanggan PDAM Kota Bengkulu masih mengandalkan air sungai tersebut untuk kebutuhan konsumsi rumah tangga.

"Kami mengharapkan kunjungan Menteri Lingkungan Hidup ini bisa membawa perubahan dan perbaikan pengelolaan lingkungan hidup, khususnya menyelamatkan air sungai Bengkulu," katanya. Selain meninjau kondisi sungai di Bengkulu, kunjungan kerja Menteri Lingkungan Hidup ke Bengkulu juga untuk mensosialisasikan penegakan hukum lingkungan bersama Kejaksaan Tinggi Bengkulu dan Kepolisian Daerah Bengkulu.


0 komentar:

Posting Komentar