Walhi News
Mail Instagram Pinterest RSS
About Walhi

Kapolda: jangan sembarangan keluarkan izin HGU

Kapolda: jangan sembarangan keluarkan izin HGU

Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Kapolda Bengkulu Brigjen Polisi Burhanudin Andi menegaskan, para kepala daerah jangan sembarangan mengeluarkan izin hak guna usaha perkebunan dan pertambangan ketika konflik masih terjadi.

"Jika ada bupati mengeluarkan izin hak guna usaha (HGU) perkebunan dan kuasa pertambangan ketika konflik masih terjadi akan dikenai sanksi dengan pasal penyalahgunaan kewenangan," kata Kapolda Bengkulu Brigjend Polisi Burhanudin Andi, Minggu.

Karena itu, katanya, kepala daerah diminta lebih menimbang aspek sosial kemasyarakatan dan kerentanan konflik, kalau hal ini tidak diindahkan maka itulah yang dinamakan penyalahgunaan kewenangan.

Polda dalam waktu dekat akan mengumpulkan para kepala daerah untuk berbagi pengetahuan mengenai kewenangan dalam pengeluaran izin.

Sementara untuk menekan ancaman konflik pertanahan di Bengkulu antara masyarakat dan perusahaan Polda akan menyiapkan operasi tambang ilegal dan perusahaan perkebunan bermasalah pada 2012.

"Kami akan menyidik dan menggelar razia terhadap tambang batu bara liar dan perusahaan perkebunan bermasalah untuk mengurangi risiko konflik pertanahan di Bengkulu," tambahnya.

Ia juga telah menginstruksikan seluruh jajaran Reserse dan Polres di wilayah hukum Polda Bengkulu untuk mengumpulkan data-data serta bukti hak guna usaha (HGU), dan kuasa pertambangan (KP) bermasalah.


"Jika hasil penyelidikan ditemukan penyimpangan maka akan kami tindak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku," tambahnya.
Pihaknya juga dalam menangani konflik agraria ke depan di Bengkulu lebih mengutamakan pendekatan negosiasi tetapi bukan dalam artian Polda mentolerir tindakan massa yang mengarah kepada pengrusakan dan melanggar hukum

1 komentar:

  1. Kapoldaa.... yang aku herankan itu, polisi udah tau tapi masih aja rakyat kecil yang berjuang menuntut haknya yang ditangkap.. anehhh

    BalasHapus