Walhi News
Mail Instagram Pinterest RSS
About Walhi

Kolam Ikan Tercemar, Warga Bumi Mulya Datangi Walhi Bengkulu

Ikan Warga Yang Mati, Tercemar Limbah CPO
Rabu 5 Agustus 2015, Edi Basuki warga desa Bumi Mulya, Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko mendatangi kantor Walhi Bengkulu. Kedatangan Edi bertujuan untuk melaporkan salah satu pabrik CPO di Kabupaten Mukomuko, PT. Sentosa Sejahtera Sejati. Perusahaan ini diduga membuang limbah ke sungai Blutan yang menjadi sumber air kolam ikan masyarakat.

Edi mengatakan ada 8 KK yang kolamnya tercemar limbah CPO. Akibatnya masyarakat mengalami kerugian yang cukup besar karena banyak ikan mereka yang mabuk dan akhirnya mati. Masyarakat  menaksir telah mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah. Kami telah melaporkan kasus ini ke Polsek Penarik dan DPRD Kabupatan Mukomuko, namun belum ada penyelesaian, saya khawatir, masyarakat akan bertindak anarkis jika tidak ada penyelesaian, lanjut Edy.

Sony Taurus, selaku Manager Advokasi Walhi Bengkulu menanggapi laporan ini. Sony menyarankan kepada masyarakat agar menemui Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko. Kantor ini bertugas melakukan pengawasan terhadap pembuangan air limbah ke sungai. Pencemaran ini indikasi bahwa lemahnya pengawasan oleh Kantor  Lingkungan Hidup, sehingga masyarakat harus mengingatkan mereka jelas Sony.

0 komentar:

Posting Komentar