Corona bagi BUMI

 


Dalam rangka memperingati hari Bumi kita selalu menggaungkan bagaimana sikap kita terhadap perbaikan kelestarian Bumi demi menjaga keberlangsungan kehidupan di Bumi. Berbagai contoh nyata yaitu dengan ajakan untuk menjaga lingkungan dari kerusakan yang bisa menyebabkan berbagai macam bencana ekologis seperti banjir akibat dari pengrusakan hutan di daerah hulu sungai. Di tahun 2020, ada fenomena besar yang melanda Bumi tentunya kita tahu yaitu wabah pandemic Covid-19. Fenomena ini telah menyita perhatian seluruh manusia Bumi tidak terkecuali.

Fenomena pandemi telah merubah sikap kita terhadap aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Semisal kita tidak lagi bebas berpergian dan yang paling terasa adalah dari sector ekonomi dunia yang melambat. Dari sisi Lingkungan terlihat polusi udara yang berkurang drastic akibat dari fenomena ini. Badan antariksa NASA dan Esa menyebut kadar berbahaya di langit China menurun. Pertanyaan lalu muncul Apakah berarti kehadiran virus corona punya dampak positif terhadap lingkungan?


Di sisi lain, Para ilmuwan berpendapat bahwa virus corona punya dampak negative bagi lingkungan. Alasannyan adalah bahwa sejarah mencatat pada masa lalu saat terjadi perang dunia yang mana merupakan salah satu fenomena besar efeknya tidak bertahan lama terutama pada laju perubahan iklim. Penurunan udara pernah terjadi ketika ekonomi dunia melambat akibat dari perang dunia. Namun ketika ekonomi mulai membaik polusi kembali meningkat seiring dengan membaiknya ekonomi dunia. 



Seiring dengan berbagai kebijakan pemerintah dalam rangka memerangi laju penyebaran virus corona salah satunya yaitu dengan berkegiatan di rumah atau dengan istilah Work From Home. Saat manusia berdiam di rumah, penggunaan energy listrik untuk aktifitas bekerja, hiburan dan keperluan rumah tangga berlipat ganda. Hal tersebut menjurus kepada penggunaan energy berlebihan.

Seiring dengan berbagai usaha dan kebijakan yang diterapkan dalam rangka memerangi laju penyebaran virus corona kita tetap harus mengantisipasi pasca pandemic ini berlalu. Pengunaan energy berlebih bisa di minimalisir dengan mengalihkan aktifitas kebutuhan hiburan dirumah misalnya saja dengan berbagai aktifitas produktif yang bisa lakukan seperti menyiapkan lahan pekarangan rumah dengan konsep mini garden yang bisa kita maksimalkan dengan menanam sayur-sayuran. Selain untuk meminimalisir penggunaan energy berlebih, hal tersebut erat kaitannya dalam usaha menyiapkan ketahanan pangan.


Posting Komentar

0 Komentar