Walhi News
Mail Instagram Pinterest RSS
About Walhi

Ratusan Rumah Diterjang Banjir


Banjir merendam tak kurang dari seratus rumah penduduk di 4 desa, masing-masing Desa Talang Ulu, Kampung Muara Aman, Kampung Terendam dan Desa Muara Aman-- semuanya di wilayah Kecamatan Lebong Utara. Bahkan data terakhir genangan air juga sudah merendam Desa Lebong Donok dan sebagian Kelurahan Pasar Muara Aman. Sementara di Desa Semelako dikabarkan, rumah milik Patrice Rio Capella SH (Wakil Ketua DPRD Provinsi) dan rumah Amrozi Ishak (Wakil Ketua DPRD Lebong) juga terendam banjir.


Selain menggenangi rumah, air banjir juga menghanyutkan satu unit dapur dan memutuskan satu unit jembatan gantung. Puluhan tanaman, seperti pisang dan pohon buah-buahan juga ikut hanyut. Derasnya hantaman air juga mengancam longsornya puluhan hektar sawah.
Hingga berita ini dibuat belum diketahui jumlah kerugian yang ditimbulkan akibat bencana itu. Dapur rumah warga yang hanyut diketahui milik Dermawan, seorang petani warga Desa Talang Ulu. Sementara jembatan yang terputus juga merupakan satu-satunya penghubung bagi warga Desa Talang Ulu menuju areal persawahan.

Tadi hujan mulai sekitar pukul 14.30 WIB. Sekira pukul 17.00 WIB, air sungai meninggi lebih satu meter. 20 rumah yang berada di pinggir sungai semua kena banjir, ujar Mirlan Tasoni, kepala Desa Talang Ulu usai menunjukan lokasi rumah warganya yang dapurnya dibawa banjir.

Pantauan BE di Kampung Terendam, selain puluhan rumah dan toko, banjir juga nyaris memutus jalan. Air berwarna keruh setinggi paha orang dewasa itu menutupi badan jalan sepanjang lebih 50 meter memaksa warga memblokir jalan. Sejumlah anggota polisi tampak turun memantau lokasi. Bahkan Kasat Lantas AKP deni Zulpen ikut turun mengatur lalu lintas.

Terjangan banjir yang tiba-tiba juga memaksa PLN Muara Aman memutus jaringan ke empat desa tadi untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Camat Lebong Utara Fakhrurrozi SSos yang ditemui saat memantau banjir di Desa Talang Ulu mengaku belum bisa merinci jumlah kerugian yang ditimbulkan banjir. Saya masih mendata. Yang jelas, jembatan gantung di Desa Talang Ulu ini harus secepatnya dibangun kembali karena ini akses satu-satunya bagi warga untuk menuju sawah mereka, kata Camat. (467)BE

0 komentar:

Posting Komentar