Walhi News
Mail Instagram Pinterest RSS
About Walhi

Warga Suro Lembak Segel Bangunan PDAM

“Kami menyegel bak penampungan air milik PDAM, soalnya kami sudah dirugikan dengan adanya bak penampungan air,” ungkap ketua IKP2A Herdianto. Sejak awal berdiri, kata Herdi, bak penampung air bersih masyarakat tidak pernah dilibatkan. Apalagi sampai mendapat kejelasan. Namun saat itu masih era orde baru sehingga tak ada yang berani protes. Dalam satu bulan ini, ada perehaban bak dan pipa. Warga sudah menyampaikan protes, tapi tak ditanggapi. “ Kami keberatan pekerjaan itu berjalan, tapi protes kami tak digubris,” cetusnya.

Puncaknya, debit air berkurang sehingga sawah mengalami kekeringan. Makanya, dilakukan aksi demo dengan penyegelan. Tujuannya agar proses perehaban tidak dilanjutkan. Kami ingin pekerjaan itu dihentikan. Kalau seperti itu terus sawah kami akan kekeringan. Bagaimana nasib kami jika sawah kering,” katanya.

Camat Ujan Mas, Drs. Amirudin Dalip membenarkan adanya aksi penyegelan tersebut oleh IKP2A kemarin. “ Memang ada warga yang aksi warga yang menyegel lokasi itu,” akunya.

Diakunya, jika anggota IKP2A sudah menyampaikan surat tertulis untuk melakukan penyegelan ke kecamatan. Tapi, saat itu disarankannya, agar warga menahan diri hingga ada solusi lain. Kemungkinan warga tak sabar, dan melakukan aksi tersebut Kades dan Ketua IKP2A Desa Suro Lembak pernah menghadap saya menceritakan masalah itu. Merka juga meminta dukungan saya,” ujarnya menambahkan rehab bak air dan pipa tidak dikoordinasikan dengan kecamatan terlebih lagi sosialisasi dengan warga.

Sayangnya saat Koran ini akan mengkonfirmasi penyegelan tersebut kepada Direktur PDAM Kepahiang Denmas S.Sos,MM, di kantornya kemarin, yang bersangkutan tak berada di tempat. Hanya saja, informasi yang didapatkan akan ada pertemuan antara PDAM, Dinas PU dan Kades dan IKP2A di Kantor Camat Ujan Mas Kepahiang

0 komentar:

Posting Komentar