Walhi News
Mail Instagram Pinterest RSS
About Walhi

Wali Kota Ingatkan Warga Bengkulu tidak Konsumsi Air PDAM

Wali Kota Ingatkan Warga Bengkulu tidak Konsumsi Air PDAM
BENGKULU--MICOM: Wali Kota Bengkulu Ahmad Kanedi mengingatkan warganya tidak mengkonsumi air minum perusahaan daerah air minum (PDAM) karena diduga tercemar logam dan limbah berat.


"Saya ingatkan kepada masyarakat kota untuk tidak mengonsumsi air PDAM, karena dalam kondisi tak layak, tetapi jika digunakan untuk cuci pakaian dan mandi tidak bermasalah," katanya, Sabtu (5/11).



"Kondisi sungai Bengkulu yang merupakan sumber air baku PDAM Bengkulu telah mencemaskan masyarakat Kota Bengkulu, termasuk dirinya selaku kepala daerah," katanya.



Ia menginstruksikan kepada jajaran manajemen PDAM agar memanfaatkan teknologi pengelolaan air terbaru untuk disesuaikan dengan kondisi sekarang tidak cukup PDAM hanya memberikan penjernih air.



Ia juga meminta agar badan pengawasan obat dan makanan (BPOM) dinkes setempat untuk memeriksa secara rutin kualitas air baku PDAM sebelum diterima masyarakat.



Terkait persoalan pencemaran, Wali Kota segera memanggil manajemen PDAM sekaligus membicaraan kemungkinan kerjasama antara PDAM dengan pihak ketiga



Sebelumnya, penelitian terhadap air Sungai Bengkulu dilakukan tim gabungan 14 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov Bengkulu menyimpulkan salah satu sumber air baku PDAM Kota Bengkulu dengan jumlah pelanggan 23 ribu orang itu tercemar.



Dari pengujian 17 titik sampel air Sungai Bengkulu, diketahui air tersebut tercemar tembaga, mangan dan serum. Hal itu diungkap BLH Provinsi Bengkulu pada jumpa pers, Selasa (14/6).



BLH menyatakan pencemaran tersebut telah menggeser kelas air, bila sebelumnya masuk kategori kelas satu atau layak sebagai sumber air minum, kini masuk kategori kelas III atau sudah tidak layak untuk dijadikan sumber air minum.



Sudah terjadi penggeseran menjadi kelas III yang berfungsi untuk kepentingan pertanian dan peternakan ikan.



Sungai Bengkulu membentang dari hulu yakni Kabupaten Bengkulu Tengah dan bermuara di Kota Bengkulu. (Ant/OL-10)

0 komentar:

Posting Komentar